Pengertian Mainboard ( MOTHERBOARD )

PENGERTIAN DAN FUNGSI MOTHERBOARD
Pengertian dan Fungsi Motherboard
Pengertian dan Fungsi Motherboard
PENGERTIAN DAN FUNGSI MOTHERBOARD
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
Motherboard adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada mother board. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PERSONAL COMPUTER.  Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak. Motherboard dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : Value (terjangkau) Mainstream (menengah) High End (kelas atas) Motherboard memiliki dua ukuran, yang disebut ATX dan Micro-ATX. Chipset merupakan “jantung” dari Motherboard. Pilihlah chipset dengan teknologi paling akhir, agar dapat menggunakan devices & periferal terbaru. Contohnya : mendukung Processor Intel LGA775, RAM DDR/DDR2, Hard Disk Serial ATA, dsb. Produsen chipset yang umum di Indonesia antara lain : Intel, Via dan SiS.Driver adalah aplikasi yang berfungsi untuk “memperkenalkan” devices atau periferalyang dipasang pada Motherboard, misalnya VGA Card, Printer, CD ROM dan sebagainya. Tanpa driver, perangkat tersebut tidak dapat berjalanan atau dikenali oleh sistem PC. Pastikan Motherboard telah dilengkapi dengan CD Driver yang up-to-datedsehingga dapat mengenali perangkat terbaru.Arti istilah Jumper dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :Bentuk yang sederhana dari switch on/of. Umumnya jumper ini berukuran amat kecildan terbuat dari logam yang terbungkus plastik. Dimana biasanya digunakan untukmenentukan setting suatu fungsi seperti besaran frekuensi, BIOS, dll

Pengertian Mainboard dapat kita runut dari kata pembentuknya. Kata mainboard dalam istilah komputer yang merupakan serapan dari bahasa Inggris yang seperti kita ketahui terdiri dari kata “main” yang artinya utama. Dan kata “board” yang artinya papan. Sehingga jika diterjemahkan secara langsung, arti mainboard adalah “papan utama”.
Secara definitif, mainboard diartikan sebagai sebuah papan circuit utama tempat terpasangnya beberapa komponen seperti VGA card, Lan Cards memory, TV Tuner, Video card, dan lainnya. Singkatnya, pengertian mainboard adalah papan rangkain utama pada komputer, dimana processor, memori, dan periphreal lainnya terpasang. Mainboard terkadang disebut pula dengan motherboard. Kita tidak perlu bingung akan penyebutan mainboard atau motherboard, karena kata motherboard juga memiliki arti yang hampir sama, yakni “papan induk. Sebuah mainboard biasanya sebuah mainboard terpasang di dalam CPU.
Dalam dunia bisnis dan jual beli komputer kita mungkin akan menemui singkatan “MB” untuk mainboard. Dan secara kebetulan, singkatan ini juga bisa digunakan untuk kata motherboard. Dengan demikian, baik singkatan maupun pengertian mainboard memiliki persamaan dengan pengertian motherboard.


4 komentar

Lala tau kenapa camera mati total canon dsrl 1000. Di charge batre nya nyala

Reply

Posting Komentar